medicolegal.id
Berita Media headline

Jokowi Akhirnya Lantik 17 Anggota Konsil Kedokteran Indonesia Ditengah Protes Organisasi Profesi Dokter

medicolegal.id-Saluran YouTube Sekretariat Presiden, menggelar live streeming pengukuhan Konsil Kedoteran Indonesia (KKI) yang dilangsungkan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (19/8/2020), pengukuhan KKI itu juga diikuti dengan pelntikan anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

Berikut susunaa nama anggota Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) yang ditetapkan berdasarkan keputusan presiden nomor 55/M/2020.

1. dr. Putu Moda Arsana, Sp.PD.KEMD
2. Dr.dr.Dollar,SH.,MH.
3. drg. Nurdjamil Sayuti,MARS.
4. drg. Nadhyanto,Sp.Pros.
5. dr. Pattiselanno Robert Johan,MARS
6. drg. Achmad Syukrul A,.M.M.
7. Prof. Dr.dr Bachtiar Murtala,Sp.Rad (K).
8. drg. Andriani,Sp.Ort., F.I.C.D.
9. Sdr. Vonny Naouva Tubagus, MD.
10. dr. Ni Nyoman Mahartini, Sp.PK (K)
11. Drs. Mohammad Agus Samsudin
12. Prof Intan Ahmaf Musmeina, Ph.D.
13. Drs. Hisyam Said., M.Sc.
14. Prof. Dr. Taruna Ikrar, M. Biomed., Ph.D.
15. drg. Sri Rahayu Mustikowati,M.Kes., CFrA.
16. Prof. Dr. drg. Melanie Hendriaty Sadono,M. Biomed.,PBO.
17. dr. Hj. Mariatul Fadilah,MARS., Ph.D.

17 anggota KKI tersebut kemudian membacakan sumpah janji yang disaksikan Jokowi. Untuk diketahui, KKI merupakan suatu badan otonom, mandiri, non struktural dan bersifat independen, yang bertanggung jawab kepada Presiden RI.

Sebelumnya, organisasi profesi dokter melayangkan protes ke pada Presiden Jokowi atas rencana pengangkatan anggota KKI periode 2019-2024 pada 18 Agustur 2020. Alasannya nama anggota KKI tersebut bukan nama yang diusulkan oleh organisasi profesi dokter dan tidak sesuai dengan UU Praktik Kedokteran No 29 Tahun 2004 (Pasal14).

Organisasi profesi dokter yang menolak pelantikan tersebut ialah Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Asosiasi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI), Asosiasi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AFDOKGI), Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia (MKKI), Majelis Kolegium Kedokteran Gigi Indonesia (MKKGI), dan Asosiasi Rumah Sakit Pendidikan Indonesia (ARSPI).

report: Ahmad Efendi

Related posts